Panduan Lengkap: Contoh Proposal Kegiatan OSIS Menginspirasi

Jika Anda merupakan bagian dari OSIS atau organisasi siswa intra sekolah, Anda pasti memahami bahwa membuat proposal kegiatan adalah langkah penting untuk memastikan kegiatan tersebut mendapat dukungan dari pihak sekolah dan mendapatkan sponsor. Membuat proposal kegiatan yang menarik dan efektif bukanlah tugas yang mudah, namun kami telah menyusun panduan lengkap beserta contoh proposal kegiatan osis yang akan membantu Anda dalam menulis proposal kegiatan yang menginspirasi.

Contoh proposal kegiatan osis yang akan kami bagikan bersamaan dengan tips dan trik ini dapat membantu Anda untuk mengetahui elemen-elemen penting dalam sebuah proposal yang berhasil. Dari contoh proposal kegiatan organisasi siswa intra sekolah hingga contoh proposal kegiatan osis yang lengkap, kami akan memberikan inspirasi yang dibutuhkan untuk membuat proposal kegiatan yang menarik dan efektif.

Contoh Proposal Kegiatan OSIS untuk Acara Sekolah

Menyelenggarakan acara sekolah yang berkesan dan menyenangkan memang membutuhkan persiapan yang matang. Sebagai organisasi yang aktif di bidang kegiatan siswa, OSIS bertanggung jawab untuk memastikan bahwa acara sekolah berjalan dengan sukses. Berikut adalah contoh proposal kegiatan OSIS untuk acara sekolah yang bisa dijadikan referensi.

TanggalAcara
5 SeptemberPembukaan Tahun Ajaran Baru
17 AgustusPeringatan Hari Kemerdekaan
25 DesemberAcara Natal

Proposal Kegiatan: Pembukaan Tahun Ajaran Baru

Tujuan: Acara pembukaan tahun ajaran baru bertujuan untuk menyambut siswa baru dan memulai tahun ajaran baru dengan semangat yang tinggi. Acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan OSIS dan memberikan motivasi dan inspirasi untuk siswa baru dan yang sudah ada.

Kegiatan:

  • Pembukaan oleh Kepala Sekolah
  • Pembacaan doa dan menyanyikan lagu kebangsaan
  • Sambutan oleh OSIS
  • Presentasi OSIS tentang kegiatan dan program selama tahun ajaran baru
  • Pembagian buku tahun ajaran baru kepada siswa
  • Penampilan seni tari atau musik oleh siswa
  • Pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi

Anggaran: Rp 10.000.000

Proposal Kegiatan: Peringatan Hari Kemerdekaan

Tujuan: Acara peringatan Hari Kemerdekaan bertujuan untuk memupuk semangat nasionalisme dan cinta tanah air pada siswa. Acara ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang sejarah kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan:

  • Pembukaan oleh Kepala Sekolah
  • Pembacaan doa dan menyanyikan lagu kebangsaan
  • Pidato tentang sejarah kemerdekaan Indonesia
  • Karnaval kemerdekaan oleh siswa
  • Pelepasan balon merah putih
  • Pembagian hadiah untuk pemenang karnaval

Anggaran: Rp 15.000.000

Proposal Kegiatan: Acara Natal

Tujuan: Acara Natal bertujuan untuk mempererat tali persahabatan dan menghormati perbedaan agama antara siswa. Acara ini juga bertujuan untuk memberikan pesan perdamaian dan kerukunan antara sesama.

Kegiatan:

  • Sambutan oleh OSIS
  • Pidato tentang makna Natal dan arti pentingnya bagi kehidupan
  • Pembacaan doa dan menyanyikan lagu Natal
  • Penampilan seni tari atau musik oleh siswa
  • Pemberian hadiah untuk lomba dekorasi ruangan Natal
  • Pembagian paket sembako dan mainan kepada anak-anak yatim piatu

Anggaran: Rp 20.000.000

Contoh Proposal Kegiatan Ekstrakurikuler OSIS

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan yang diikuti siswa di luar jam pelajaran yang dianggap sebagai bagian dari pembelajaran yang tidak kalah penting. Sebagai organisasi siswa di sekolah, OSIS memiliki peran penting dalam menginisiasi kegiatan ekstrakurikuler. Berikut ini adalah contoh proposal kegiatan ekstrakurikuler OSIS yang dapat dijadikan sebagai acuan:

TanggalKegiatanDeskripsi
1-7 AgustusLatihan marching bandLatihan intensif untuk persiapan lomba marching band tingkat provinsi
8-14 AgustusLatihan paduan suaraLatihan intensif untuk persiapan acara perpisahan sekolah
15-21 AgustusKursus bahasa inggrisBelajar bahasa inggris secara intensif untuk persiapan ujian internasional

Untuk menjamin keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler ini, OSIS mengusulkan beberapa langkah strategis:

  1. Mengidentifikasi minat dan potensi siswa dalam bidang ekstrakurikuler.
  2. Mengembangkan kurikulum ekstrakurikuler yang beragam dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
  3. Menjalin kerjasama dengan pihak luar sekolah, seperti komunitas musik dan lembaga kursus, untuk memperkaya kegiatan ekstrakurikuler.
  4. Melakukan evaluasi dan perbaikan setiap semester untuk menjamin kualitas kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler yang beragam dan berkualitas dari OSIS, siswa dapat mengembangkan potensi diri dan memperoleh pengalaman yang berharga di luar kelas yang akan membantu mereka dalam mencapai kesuksesan di masa depan.

Contoh Proposal Kegiatan OSIS untuk Bakti Sosial

Bakti sosial menjadi hal yang penting bagi OSIS untuk memupuk rasa empati dan kepedulian sosial dalam diri siswa. Oleh karena itu, OSIS mengadakan kegiatan bakti sosial pada setiap tahunnya. Berikut ini adalah contoh proposal kegiatan bakti sosial yang dapat diadakan oleh OSIS.

Nama KegiatanDonasi Buku Pelajaran
Waktu PelaksanaanBulan Agustus 2021
LokasiSMA XYZ

Kegiatan Donasi Buku Pelajaran ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu siswa yang kurang mampu dengan menyediakan buku pelajaran yang dapat digunakan untuk keperluan belajar. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa yang kurang mampu dapat memiliki akses untuk mempelajari dan memahami pelajaran dengan baik. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengurangi angka putus sekolah akibat kesulitan ekonomi keluarga siswa.

Pada kegiatan ini, OSIS mengajak seluruh siswa untuk berpartisipasi dalam pengumpulan buku pelajaran yang sudah tidak terpakai lagi. Buku-buku tersebut akan diolah dan dipilah oleh panitia kemudian dibagikan kepada siswa yang kurang mampu. Untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut, OSIS akan mengadakan sosialisasi kepada seluruh siswa sekolah dan memasang spanduk di berbagai tempat strategis di sekolah. Selain itu, OSIS juga akan berkoordinasi dengan pihak yayasan sosial setempat untuk mendapatkan bantuan.

Dalam pelaksanaan kegiatan Donasi Buku Pelajaran ini, OSIS membutuhkan dana sebesar Rp 5.000.000,- untuk biaya pengadaan tempat, transportasi, persiapan kegiatan, dan pengadaan perlengkapan pendukung. Dana tersebut akan diambil dari iuran OSIS yang telah terkumpul sebelumnya. Selain itu, beberapa sponsor juga telah disiapkan yang akan memberikan bantuan dalam bentuk uang dan bahan.

Dengan adanya kegiatan Donasi Buku Pelajaran ini, diharapkan dapat membantu meringankan beban siswa yang kurang mampu dan memacu semangat belajar serta memupuk rasa empati dan kepedulian sosial dalam diri siswa. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Contoh Proposal Kegiatan OSIS dalam Rangka Peringatan Hari Besar

Peringatan hari besar merupakan momen penting bagi seluruh warga negara. OSIS sebagai organisasi siswa intra sekolah memiliki peran penting dalam memperingati hari-hari besar tersebut. Berikut adalah contoh proposal kegiatan OSIS dalam rangka peringatan hari besar.

Proposal Kegiatan OSIS untuk Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia

Pada tanggal 17 Agustus, OSIS Sekolah XYZ akan mengadakan kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan siswa dan menyatukan seluruh elemen di lingkungan sekolah.

KegiatanWaktuTempat
Pembukaan07.30 – 07.45Aula Sekolah
Bendera Raksasa07.45 – 08.30Halaman Depan Sekolah
Lomba Mewarnai09.00 – 10.00Kelas Masing-masing
Pentas Seni10.00 – 11.30Aula Sekolah
Upacara Penutupan11.30 – 12.00Aula Sekolah

Dalam kegiatan tersebut akan diterapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial. Selain itu, akan diikutsertakan seluruh siswa Tanpa terkecuali dari semua kelas.

Proposal Kegiatan OSIS untuk Memperingati Hari Kartini

Pada tanggal 21 April, OSIS Sekolah XYZ akan mengadakan kegiatan untuk memperingati Hari Kartini. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menginspirasi para siswi agar dapat meneladani semangat Kartini dalam belajar dan beraktivitas di lingkungan sekolah.

KegiatanWaktuTempat
Pembukaan07.30 – 07.45Aula Sekolah
Seminar Kartini08.00 – 10.00Aula Sekolah
Pentas Seni10.00 – 11.30Aula Sekolah
Karnaval Kartini11.30 – 12.30Halaman Sekolah
Closing Ceremony13.00 – 13.30Aula Sekolah

Seluruh siswi dari semua kelas diwajibkan mengenakan Baju Adat Daerah masing-masing, juga akan diterapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial.

Contoh Proposal Kegiatan OSIS Berbasis Lingkungan

OSIS sebagai organisasi yang peduli terhadap lingkungan harus berperan aktif dalam menjaga dan merawat lingkungan. Melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan, OSIS dapat memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat sekolah tentang pentingnya menjaga lingkungan. Berikut adalah contoh proposal kegiatan OSIS berbasis lingkungan:

Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional

Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tanggal 21 Februari. Dalam rangka memperingati hari tersebut, OSIS mengajukan proposal kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Kegiatan yang diusulkan adalah membersihkan lingkungan sekolah dan sekitarnya dari sampah. Selain itu, diadakan juga talkshow dan workshop tentang pengelolaan sampah yang baik dan benar, serta dapat diikuti oleh siswa dan guru.

Selain membersihkan sampah, kegiatan ini juga diikuti dengan pengumpulan sampah oleh siswa dan guru, dengan tujuan untuk mendaur ulang sampah-sampah tersebut.

Pelatihan Penghijauan Sekolah

OSIS mengajukan proposal pelatihan penghijauan sekolah dengan tujuan untuk mengajak siswa dan guru untuk lebih memperhatikan lingkungan sekolah dan melestarikan alam. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan penanaman pohon-pohon di area sekolah yang masih kosong.

Selain penanaman pohon, diadakan juga pelatihan tentang cara merawat tanaman dan tata cara penghijauan di sekolah. Hal tersebut bertujuan agar siswa dan guru dapat menumbuhkan kesadaran dalam menjaga lingkungan dan merawat tanaman.

Pengurangan Penggunaan Plastik dan Styrofoam di Sekolah

OSIS mengajukan proposal pengurangan penggunaan plastik dan styrofoam di sekolah dalam upaya mengurangi sampah dan limbah plastik yang dihasilkan. Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak siswa dan guru untuk membawa wadah makanan berupa tempat makan atau botol minum yang dapat dipakai berulang kali.

Selain itu, juga diadakan kampanye pengurangan penggunaan plastik dan styrofoam dengan cara menyebarkan pamflet dan selebaran ke seluruh siswa dan guru. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa dan guru dalam menjaga lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik yang berlebihan.

Dalam rangka menjaga lingkungan, OSIS harus memberikan contoh yang baik dan memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan bagi masyarakat. Dengan mengajukan proposal kegiatan yang berbasis lingkungan, OSIS dapat meningkatkan kesadaran dan memberikan kontribusi positif bagi kelestarian lingkungan.

Originally posted 2023-07-25 07:00:24.

Leave a Comment