Contoh Kosakata Baku yang Berbeda dari yang Biasa Digunakan

Penggunaan kosakata baku yang benar merupakan salah satu kunci penting dalam menulis suatu teks. Namun, terkadang banyak orang yang masih bingung atau kurang memahami mengenai kosakata baku dan tidak baku. Hal ini seringkali membuat banyak penulis menggunakan kata-kata yang tidak baku dan kurang tepat. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan membahas secara lebih mendalam tentang kosakata baku yang berbeda dari yang biasa digunakan.

Apa itu Kosakata Baku?

Kosakata baku adalah kata-kata resmi yang sudah diatur dan disepakati penggunaannya dalam suatu bahasa. Kata-kata ini dianggap baku karena sudah disepakati oleh lembaga resmi dalam bahasa tersebut. Penggunaan kosakata baku dapat meningkatkan kualitas tulisan dan komunikasi, serta menghindari kesalahan penggunaan kata.

Penggunaan kosakata baku juga dapat menunjukkan profesionalisme penulis, terutama dalam konteks kegiatan formal seperti karangan, karya ilmiah, atau laporan resmi.

Kosakata Baku dalam Bahasa Indonesia

Kosakata baku adalah kumpulan kata atau istilah yang disepakati oleh para ahli bahasa sebagai bentuk resmi dan benar dari suatu bahasa. Dengan menggunakan kosakata baku, penulisan menjadi lebih terstandarisasi dan memudahkan untuk dipahami oleh pembaca. Berikut adalah beberapa contoh kosakata baku dalam bahasa Indonesia:

Kosakata BakuKosakata Tidak Baku
mengapakenapa
belumbelum lagi
banyakbanyak sekali

Kosakata baku yang digunakan di atas memiliki penggunaan yang lebih umum dan lebih tepat daripada kosakata tidak baku. Dengan menggunakan kosakata baku, tulisan akan terlihat lebih terstruktur dan mudah dipahami.

Kosakata Baku dalam Bahasa Inggris

Kosakata baku dalam Bahasa Inggris juga dikenal sebagai ‘standard English’ atau ‘proper English’. Hal ini merujuk pada gaya penggunaan bahasa Inggris yang dianggap benar dan dapat diterima secara umum.

Contoh kosakata baku dalam bahasa Inggris meliputi penggunaan ‘who’ untuk subjek manusia dan ‘which’ untuk subjek benda, seperti dalam kalimat “The man who is sitting at the table” dan “The book which is on the shelf”.

Selain itu, kosakata baku dalam bahasa Inggris juga menekankan pada penggunaan kata-kata yang tepat sesuai dengan konteksnya. Misalnya, penggunaan ‘affect’ yang merujuk pada pengaruh yang dihasilkan oleh suatu hal terhadap hal lainnya, dan ‘effect’ yang merujuk pada hasil yang dihasilkan oleh suatu hal.

Perbedaan antara kosakata baku dan tidak baku dalam bahasa Inggris juga dapat dilihat dalam penggunaan kata-kata berimbuhan ‘ing’ dan ‘ed’. Contoh kata yang sesuai dengan kaidah kosakata baku dalam bahasa Inggris adalah ‘interested’ dan ‘interesting’ serta ‘bored’ dan ‘boring’.

Secara umum, penggunaan kosakata baku dalam bahasa Inggris penting untuk memperkaya kata-kamu dan membuat tulisan lebih mudah dipahami oleh pembaca secara global.

Perbedaan Kosakata Baku dan Tidak Baku

Dalam bahasa Indonesia, terdapat perbedaan antara kosakata baku dan tidak baku. Kosakata baku adalah kata-kata yang sudah ditetapkan oleh KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan diakui secara resmi oleh pemerintah sebagai bentuk bahasa yang baik dan benar. Sedangkan kosakata tidak baku adalah kata-kata yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari namun tidak diakui oleh KBBI.

Contoh kosakata baku yang berbeda dari yang biasa digunakan adalah sebagai berikut:

Kosakata BakuKosakata Tidak Baku
BerdiriNgacir
KemudianTerus
MenunjukkanKasih tahu

Perbedaan antara kosakata baku dan tidak baku dapat memengaruhi kualitas tulisan Anda. Menggunakan kosakata baku dapat meningkatkan kesan profesional dan meningkatkan pemahaman pembaca terhadap tulisan Anda. Sebaliknya, penggunaan kosakata tidak baku dapat menurunkan kualitas tulisan dan menghasilkan pesan yang kurang jelas.

Mengapa Menggunakan Kosakata Baku Penting?

Ketika menulis, menggunakan kosakata baku sangat penting untuk memastikan tulisan Anda terlihat profesional dan terstruktur dengan baik. Ada beberapa manfaat dalam menggunakan kosakata baku, di antaranya:

ManfaatKeterangan
Membuat Tulisan Terlihat ProfesionalMenggunakan kosakata baku dalam tulisan membuat tulisan Anda terlihat lebih terstruktur dan dipandang lebih serius oleh pembaca. Hal ini membuat Anda lebih terlihat sebagai seorang profesional dalam bidang yang Anda tulis.
Meningkatkan Kualitas TulisanDengan menggunakan kosakata baku, tulisan yang Anda hasilkan akan memiliki kualitas yang lebih baik karena kosakata tersebut sudah melewati uji kelayakan dalam penggunaannya.
Meningkatkan Keterbacaan TulisanPenggunaan kosakata baku juga dapat meningkatkan keterbacaan tulisan karena kosakata tersebut lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Oleh karena itu, sangat penting bagi penulis untuk menggunakan kosakata baku dalam tulisan mereka agar tulisan tersebut terlihat profesional, memiliki kualitas yang baik, dan mudah dipahami oleh pembaca.

Cara Meningkatkan Kosakata Baku

Menambah kosakata baku dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris dapat memperkaya tulisan dan membuatnya lebih profesional. Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan kosakata baku:

  • Bergabung dengan kelompok diskusi bahasa: Bergabung dengan kelompok diskusi bahasa dapat membantu Anda belajar kosakata baru dari teman-teman yang memiliki minat yang sama.
  • Membaca buku dan artikel: Membaca buku dan artikel dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dapat membantu meningkatkan kosakata baku Anda.
  • Mendaftar ke kelas bahasa: Mendaftar ke kelas bahasa dapat membantu Anda mempelajari kosakata baku dengan lebih terstruktur dan terencana.
  • Menerapkan kosakata baku dalam tulisan: Salah satu cara terbaik untuk memperkaya kosakata baku adalah dengan menerapkannya dalam tulisan. Cobalah untuk menggunakan kosakata baku yang baru Anda pelajari dalam setiap tulisan yang Anda buat.

Dengan terus berlatih dan menggunakan kosakata baku dalam tulisan Anda, Anda akan semakin terbiasa dan memiliki kosakata yang lebih beragam dan profesional.

Contoh Kosakata Baku dalam Bahasa Indonesia yang Berbeda dari yang Biasa Digunakan

Berikut adalah contoh kosakata baku dalam bahasa Indonesia yang berbeda dari yang biasa digunakan sehari-hari:

Kosakata Tidak BakuKosakata Baku
AganAnda
Sepeda motorMotor
Ban mobilBan kendaraan
Kecil hatiMalu
Salah kaprahSalah pengertian

Penggunaan kosakata baku dalam tulisan akan membuat tulisan terlihat lebih profesional dan terstruktur dengan baik. Selain itu, penggunaan kosakata baku juga dapat meningkatkan pemahaman pembaca terhadap tulisan yang dibuat.

Kesimpulan

Dalam penulisan, penggunaan kosakata baku sangat penting untuk memperkaya kata-kamu dan membuat tulisan lebih profesional. Kosakata baku dapat ditemukan dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris dan memliki perbedaan dengan kosakata tidak baku yang biasa digunakan sehari-hari.

Dengan menggunakan kosakata baku, tulisan dapat terlihat lebih profesional dan mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, penggunaan kosakata baku juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan kosakata yang dimiliki.

Untuk meningkatkan kosakata baku, kita dapat melakukan beberapa tips seperti membaca buku, belajar dari sumber terpercaya, dan memperhatikan penggunaan kata dalam tulisan orang lain.

Contoh-contoh kosakata baku dalam bahasa Indonesia yang berbeda dapat digunakan untuk memperkaya kosakata yang biasa digunakan dalam tulisan sehari-hari.

Dengan memahami pengertian, penggunaan, dan manfaat kosakata baku serta cara meningkatkannya, kita dapat meningkatkan kualitas tulisan dan kemampuan bahasa yang dimiliki. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan dan mengaplikasikan penggunaan kosakata baku dalam penulisan.

Originally posted 2023-06-26 13:06:18.