Contoh dan Cara Menulis Kalimat Penutup Surat Dinas yang Baik

Sebagai seorang pegawai kantor atau pejabat pemerintahan, menulis surat dinas merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Salah satu komponen penting dalam menulis surat dinas adalah kalimat penutup. Kalimat penutup surat dinas harus ditulis dengan baik dan benar untuk menunjukkan kesopanan dan keseriusan dalam menyampaikan pesan atau informasi.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai struktur kalimat penutup surat dinas dan contoh kalimat penutup surat dinas yang baik dan benar. Selain itu, juga akan diberikan tips dalam menulis kalimat penutup surat dinas yang bisa meningkatkan kualitas surat Anda.

Key Takeaways:

  • Kalimat penutup surat dinas harus ditulis dengan baik dan benar untuk menunjukkan kesopanan dan keseriusan dalam menyampaikan pesan atau informasi.
  • Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai struktur kalimat penutup surat dinas dan contoh kalimat penutup surat dinas yang baik dan benar.
  • Juga akan diberikan tips dalam menulis kalimat penutup surat dinas yang bisa meningkatkan kualitas surat Anda.

Struktur Kalimat Penutup Surat Dinas yang Baik

Bagian penutup dalam surat dinas adalah bagian akhir dari surat yang berisi ucapan terima kasih, harapan, atau kesimpulan dari isi surat. Penutup surat dinas harus ditulis dengan jelas, sopan, dan singkat. Berikut ini adalah format kalimat penutup surat dinas yang baik dan kaidah yang harus diikuti:

Format Kalimat Penutup Surat Dinas yang Baik

Format kalimat penutup surat dinas yang baik harus terdiri dari dua bagian yaitu, kalimat penutup yang menyatakan ucapan terima kasih, harapan atau kesimpulan dari isi surat, dan tanda tangan atau nama pengirim surat. Struktur formatnya adalah sebagai berikut:

BagianStruktur
Kalimat penutupPertama-tama, tuliskan kata-kata ucapan terima kasih, harapan atau kesimpulan dari isi surat. Contohnya: Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu pada surat ini.
Tanda tangan atau nama pengirimTerakhir, cantumkan tanda tangan atau nama pengirim surat sesuai dengan aturan yang berlaku pada instansi atau perusahaan masing-masing.

Kaidah Kalimat Penutup Surat Dinas yang Baik

Ada beberapa kaidah yang harus diperhatikan dalam penulisan kalimat penutup surat dinas yang baik, di antaranya:

  1. Sopan dan jelas dalam menggunakan bahasa
  2. Menggunakan kata-kata yang positif seperti harapan atau ucapan terima kasih
  3. Menjelaskan dengan singkat dan padat tentang isi surat
  4. Mencantumkan tanda tangan atau nama pengirim surat
  5. Menggunakan ejaan, tata bahasa, dan format yang benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku

Dengan memperhatikan struktur dan kaidah kalimat penutup surat dinas yang baik, diharapkan surat dinas yang ditulis dapat memberikan kesan yang profesional dan memberikan pengaruh yang positif bagi penerimanya.

Contoh Kalimat Penutup Surat Dinas yang Baik

Berikut adalah beberapa contoh kalimat penutup surat resmi bahasa Indonesia yang baik dan sesuai dengan kaidah penulisan surat dinas:

  1. Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.
  2. Surat ini kami sampaikan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.
  3. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih, semoga dapat dijadikan perhatian yang baik.

Selain itu, ada juga beberapa contoh kalimat penutup surat dinas yang lebih formal:

  1. Demikian surat ini kami sampaikan untuk dapat menjadi maklum dan digunakan sebagaimana mestinya.
  2. Diharapkan surat ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.
  3. Surat ini kami sampaikan dengan harapan dapat mendapat perhatian dan kebijaksanaan yang baik.

Dalam menulis kalimat penutup surat dinas, penting untuk mengacu pada kaidah penulisan surat resmi. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa formal, sopan, dan jelas. Hindari penggunaan bahasa yang ambigu atau terlalu informal.

Tips Menulis Kalimat Penutup Surat Dinas yang Baik

Menulis kalimat penutup surat dinas yang baik adalah keterampilan penting yang harus dimiliki setiap pegawai. Kalimat penutup yang tepat dapat meningkatkan kesan profesionalisme serta memberikan kesan yang baik kepada pembaca. Berikut adalah beberapa tips dan panduan untuk membantu Anda menulis kalimat penutup surat dinas yang baik:

1. Sederhana dan Jelas

Kalimat penutup surat dinas harus sederhana dan jelas. Hindari penggunaan kata-kata yang berlebihan dan sulit dipahami. Gunakan kalimat yang langsung dan to the point agar pesan yang Anda sampaikan menjadi jelas.

2. Sopan dan Ramah

Jangan lupa untuk menyertakan kalimat sopan dan ramah pada kalimat penutup surat dinas Anda. Anda bisa menggunakan kalimat seperti “Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya” atau “Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan.”

3. Singkat dan Padat

Gunakan kalimat yang singkat dan padat agar mudah dipahami. Idealnya, kalimat penutup surat dinas tidak boleh lebih dari dua baris.

4. Gunakan Bahasa Formal

Bahasa formal adalah bahasa yang disetujui oleh masyarakat dan digunakan secara resmi dalam situasi formal. Pastikan kalimat penutup surat dinas Anda menggunakan bahasa formal agar terkesan lebih profesional.

5. Sertakan Informasi Kontak

Sertakan informasi kontak seperti email atau nomor telepon Anda pada kalimat penutup surat dinas, sehingga pembaca dapat menghubungi Anda jika diperlukan.

6. Periksa Ejaan dan Tanda Baca

Sebelum mengirimkan surat, pastikan Anda memeriksa kembali ejaan dan tanda baca pada kalimat penutup surat dinas. Hal ini akan membantu Anda menghindari kesalahan penulisan yang tidak perlu.

Dengan mengikuti tips dan panduan tersebut, Anda dapat menulis kalimat penutup surat dinas yang baik dan memastikan bahwa pesan yang ingin Anda sampaikan dapat diterima dengan baik oleh pihak yang menerima surat. Selamat mencoba!

Tingkatkan Kualitas Surat Dinas Anda Hari Ini

Kalimat penutup merupakan bagian terpenting dari surat dinas. Kalimat penutup yang baik dapat meningkatkan kesan profesionalisme dan menggambarkan kesopanan dari penulis. Kalimat penutup yang buruk dapat mengurangi kualitas surat dinas tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk menulis kalimat penutup yang baik dan benar.

Contoh kalimat penutup surat dinas yang baik adalah :

  • Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
  • Hormat Kami,
  • Terima kasih atas kerjasamanya.

Dengan mengikuti kaidah dalam menulis kalimat penutup surat dinas yang baik, Anda dapat menjamin kesopanan dan efektivitas surat dinas Anda. Beberapa kaidah yang harus diperhatikan antara lain :

  1. Gunakan kalimat penutup yang sopan dan ramah
  2. Gunakan bahasa yang baku
  3. Sampaikan ucapan terima kasih, apresiasi, atau harapan Anda

Selain itu, panduan dalam menulis kalimat penutup surat dinas yang baik juga harus mencakup beberapa tips dan trik. Beberapa tips tersebut antara lain :

  1. Periksa tata bahasa dan kesalahan penulisan
  2. Gunakan kalimat yang singkat dan jelas
  3. Hindari penggunaan kata-kata yang dianggap tidak sopan atau kasar

Tingkatkan Kualitas Surat Dinas Anda Hari Ini

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat meningkatkan kualitas surat dinas Anda. Ingatlah bahwa surat dinas merupakan salah satu bentuk komunikasi resmi, sehingga sangat penting untuk memperhatikan setiap detail yang ada di dalamnya.

Jangan lupa untuk selalu memberikan perhatian pada kalimat penutup surat dinas Anda, karena bagian ini adalah penutup dan kesimpulan dari semua isi surat dinas yang telah ditulis.

Originally posted 2023-10-01 07:00:30.

Leave a Comment