Kajian Literatur Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Langkah-Langkah Menerapkannya

Sebelum melakukan penelitian, penting untuk melakukan kajian literatur terlebih dahulu. Kajian literatur adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun kembali informasi dari berbagai sumber literatur yang berkaitan dengan topik penelitian yang ingin diteliti. Kajian literatur memberikan pemahaman tentang penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, mengidentifikasi kekurangan penelitian terdahulu, mengungkapkan kerangka teori yang digunakan, dan memberikan landasan teori yang kuat untuk penelitian yang akan dilakukan.

Pada bagian ini, akan dijelaskan secara rinci mengenai pengertian kajian literatur, fungsi kajian literatur, dan langkah-langkah untuk menerapkannya dalam penelitian.

Key Takeaways:

  • Kajian literatur adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun kembali informasi dari berbagai sumber literatur yang berkaitan dengan topik penelitian yang ingin diteliti.
  • Kajian literatur memiliki peran yang penting dalam penelitian.
  • Menerapkan kajian literatur dengan baik dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam pengembangan penelitian selanjutnya.

Pengertian Kajian Literatur

Kajian literatur merupakan sebuah proses untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun kembali informasi dari berbagai sumber literatur yang berkaitan dengan topik penelitian yang ingin diteliti. Secara sederhana, kajian literatur dapat diartikan sebagai explorasi literatur yang diperlukan dalam penelitian. Kajian literatur bisa dilakukan pada berbagai bidang, seperti ilmu pengetahuan, seni, dan humaniora.

Kajian literatur merupakan langkah penting sebelum melakukan penelitian, karena dengan melalui kajian literatur, seseorang dapat mengetahui apa yang telah dipelajari oleh orang lain sebelumnya mengenai topik yang ingin diteliti. Selain itu, dengan kajian literatur, seseorang juga dapat mengetahui kerangka teori yang digunakan dalam penelitian tersebut. Dengan begitu, peneliti dapat memperluas cakupan pemahaman terhadap topik penelitian yang ingin diteliti.

Proses kajian literatur dapat difokuskan pada penelitian tertentu atau lebih umum pada bidang penelitian tertentu. Tujuan kajian literatur adalah untuk memperoleh informasi yang relevan terhadap topik yang ingin diteliti. Informasi yang diperoleh ini nantinya akan digunakan sebagai dasar penelitian yang lebih lanjut, seperti mengembangkan landasan teori atau hipotesis.

Fungsi Kajian Literatur

Kajian literatur memiliki beberapa fungsi penting dalam penelitian. Fungsi-fungsi tersebut meliputi:

No.Fungsi
1Memberikan pemahaman tentang penelitian yang telah dilakukan sebelumnya
2Mengidentifikasi kekurangan penelitian terdahulu dan memberikan arahan untuk penelitian baru
3Mengungkapkan kerangka teori yang digunakan
4Memberikan landasan teori yang kuat untuk penelitian yang akan dilakukan

Pertama, kajian literatur dapat memberikan pemahaman tentang penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan mempelajari penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh peneliti lain, peneliti dapat mengetahui apa yang telah diketahui dan dipelajari serta kesimpulan apa yang sudah dicapai oleh penelitian sebelumnya.

Kedua, kajian literatur juga dapat membantu mengidentifikasi kekurangan penelitian terdahulu dan memberikan arahan untuk penelitian baru. Peneliti dapat mengetahui apakah ada kekurangan dalam penelitian terdahulu seperti permasalahan metodologi atau data yang tidak lengkap, sehingga dapat memperbaiki dan mengembangkan penelitian yang lebih baik dan akurat di masa depan.

Ketiga, kajian literatur dapat mengungkapkan kerangka teori yang digunakan dalam penelitian. Peneliti dapat mengetahui teori-teori apa saja yang relevan dengan topik penelitian dan menyusun kerangka teori yang tepat untuk menunjang penelitiannya.

Keempat, kajian literatur memberikan landasan teori yang kuat untuk penelitian yang akan dilakukan. Dengan memahami teori-teori terkait dengan topik penelitian, peneliti dapat membuat hipotesis yang kuat dan memastikan bahwa penelitian yang akan dilakukan didasari oleh landasan teori yang baik.

Langkah-Langkah Menerapkan Kajian Literatur

Menerapkan kajian literatur dalam penelitian dapat membantu peneliti untuk menemukan informasi yang relevan dan perlu. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti:

  1. Menentukan tujuan kajian literatur: Tujuan kajian literatur harus jelas dan spesifik. Ini akan membantu peneliti untuk mempersempit dan memfokuskan kajian literatur sehingga sesuai dengan topik penelitian yang akan diteliti.
  2. Mencari sumber literatur yang relevan: Sumber literatur yang relevan harus dicari dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan topik penelitian. Sumber literatur dapat ditemukan melalui buku, jurnal, situs web, dan sumber informasi lainnya.
  3. Membaca dan memahami sumber literatur: Sumber literatur yang ditemukan harus dibaca secara seksama dan dipahami dengan baik. Ini akan membantu peneliti untuk mengevaluasi informasi yang diperoleh dan menilai relevansinya dengan topik penelitian yang ingin diteliti.
  4. Menganalisis informasi yang diperoleh: Informasi yang diperoleh dari sumber literatur harus dianalisis dengan cermat dan teliti. Analisis ini dapat dilakukan dengan membandingkan, memilih, dan mengevaluasi informasi yang ditemukan.
  5. Menyusun laporan kajian literatur: Laporan kajian literatur harus disusun dengan baik dan sistematis. Laporan ini harus mencakup tujuan kajian literatur, metodologi yang digunakan, hasil kajian literatur, dan kesimpulan yang diperoleh.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, peneliti dapat menerapkan kajian literatur dengan baik dan mendapatkan informasi yang relevan dan berguna dalam pengembangan penelitian selanjutnya.

Pengertian Kajian Literatur

Kajian literatur merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mengumpulkan, mempelajari, menganalisis, dan menyusun kembali informasi dari berbagai sumber literatur yang berkaitan dengan topik penelitian yang ingin diteliti. Kajian literatur dapat membantu peneliti dalam memperluas wawasan dan memperdalam pemahaman mengenai topik penelitian yang akan dilakukan.

Dalam kajian literatur, sumber informasi yang digunakan dapat berupa buku, jurnal ilmiah, artikel, dan materi elektronik lainnya. Informasi yang diperoleh dari kajian literatur dapat digunakan untuk menentukan arah dan tujuan penelitian, memperbaiki dan mengembangkan kerangka teori, serta menambah kredibilitas dalam penelitian.

Dalam sebuah penelitian, kajian literatur biasanya dilakukan pada tahap awal sebelum melakukan pengumpulan data. Kajian literatur yang dilakukan dengan baik dapat membantu peneliti untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan penelitian terdahulu, serta menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada proses penelitian.

Definisi Kajian Literatur

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kajian literatur adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengumpulkan, mempelajari, menganalisis, dan menyusun kembali informasi dari berbagai sumber literatur yang berkaitan dengan topik penelitian yang ingin diteliti.

Originally posted 2023-08-26 07:00:50.

Leave a Comment