Contoh Soal Teks Eksplanasi Terbaru untuk Siswa Indonesia

Bagi siswa Indonesia, mencari contoh soal teks eksplanasi terbaru seringkali menjadi tantangan tersendiri. Sebagai salah satu jenis teks yang kerap diujikan pada ujian nasional, anak-anak perlu berlatih mengerjakan soal teks eksplanasi secara rutin agar bisa menguasai jenis teks ini dengan baik.

Untuk membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi ujian, kami telah menyusun beberapa contoh soal teks eksplanasi terbaru yang bisa dipelajari dan dikerjakan. Soal-soal ini mencakup berbagai topik, mulai dari fenomena alam hingga kejadian manusia.

Melalui contoh soal teks eksplanasi ini, kami berharap siswa Indonesia bisa meningkatkan pemahaman mereka tentang jenis teks ini dan meningkatkan keterampilan soal.

Key Takeaways:

  • Contoh soal teks eksplanasi sangat penting bagi siswa Indonesia yang akan menghadapi ujian nasional.
  • Soal-soal ini mencakup berbagai topik, mulai dari fenomena alam hingga kejadian manusia.
  • Belajar mengerjakan contoh soal teks eksplanasi akan membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang jenis teks ini dan meningkatkan keterampilan soal.

Pengertian Teks Eksplanasi dan Contohnya

Teks eksplanasi adalah jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan suatu fenomena atau kejadian secara rinci dan terperinci. Teks eksplanasi biasanya terdiri dari pembukaan, penjelasan, dan penutup. Pembukaan biasanya berisi pengenalan topik dan tujuan penjelasan, sedangkan penjelasan akan menguraikan fenomena atau kejadian secara rinci. Bagian penutup biasanya berisi ringkasan atau kesimpulan dari penjelasan yang telah diberikan.

Berikut adalah beberapa contoh teks eksplanasi:

JudulDeskripsi
Contoh Teks Eksplanasi tentang Gerhana BulanTeks eksplanasi ini menjelaskan fenomena gerhana bulan dan proses terjadinya.
Contoh Teks Eksplanasi tentang FotosintesisTeks eksplanasi ini menjelaskan proses fotosintesis pada tumbuhan dan fungsinya dalam proses kehidupan.
Contoh Teks Eksplanasi tentang Gunung BerapiTeks eksplanasi ini menjelaskan fenomena gunung berapi, jenis-jenisnya, dan bagaimana terjadinya erupsi.

Memahami karakteristik dan struktur teks eksplanasi adalah penting untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal terkait teks eksplanasi. Berikut adalah beberapa contoh soal teks eksplanasi beserta strukturnya yang dapat membantu siswa memahami bagaimana menganalisis dan mengidentifikasi poin penting serta detail-detail pendukung dalam teks eksplanasi.

Contoh Soal Teks Eksplanasi tentang Fenomena Alam

Berikut adalah beberapa contoh soal teks eksplanasi yang berkaitan dengan fenomena alam:

No.Soal
1.Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya gelombang tsunami!
2.Jelaskan bagaimana terjadinya fenomena alam halo!
3.Mengapa gunung berapi meletus? Sertakan penjelasan mengenai pergerakan lempeng bumi!
4.Bagaimana terjadinya angin topan? Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhinya!
5.Apa yang dimaksud dengan gempa bumi? Bagaimana terjadinya gempa bumi?

Dalam menyelesaikan soal-soal di atas, pastikan siswa memahami struktur teks eksplanasi dan mengidentifikasi informasi penting yang terdapat pada teks.

Contoh Soal Teks Eksplanasi tentang Kejadian Alam

Di bawah ini adalah beberapa contoh soal teks eksplanasi tentang kejadian alam beserta jawanannya yang dapat membantu siswa memahami cara menjawab pertanyaan seputar teks eksplanasi.

SoalJawaban
Bagaimana terjadinya gempa bumi?Gempa bumi terjadi karena pergeseran lempeng bumi di bawah permukaan tanah. Teori ini dikenal sebagai teori lempeng tektonik. Ketika dua lempeng bertemu, terjadi gesekan di antara keduanya dan energi yang terlepas saat gesekan ini terjadi menyebabkan getaran di permukaan bumi, yang kita sebut sebagai gempa bumi.
Apa yang menyebabkan terjadinya gunung berapi meletus?Gunung berapi meletus karena adanya tekanan di dalam kawah gunung berapi akibat dari proses magma yang naik ke permukaan bumi. Ketika tekanan tersebut cukup besar, magma akan meledak keluar dari kawah gunung berapi dan menyebabkan ledakan besar yang disebut letusan vulkanik.

Semoga contoh soal di atas dapat membantu siswa memahami cara menjawab pertanyaan seputar teks eksplanasi tentang kejadian alam dengan baik.

Contoh Soal Teks Eksplanasi beserta Strukturnya

Berikut ini adalah beberapa contoh soal teks eksplanasi beserta strukturnya:

SoalJawaban
Apa yang dimaksud dengan proses fotosintesis?
Jelaskan langkah-langkahnya!
Fotosintesis adalah proses di mana tumbuhan menghasilkan makanan sendiri menggunakan cahaya matahari. Langkah-langkah fotosintesis adalah:

  1. Penangkapan cahaya matahari oleh klorofil
  2. Penyerapan air oleh akar tumbuhan
  3. Pemasokan karbon dioksida melalui stomata di daun
  4. Konversi cahaya matahari menjadi energi kimia melalui reaksi kimia
  5. Pembuatan glukosa sebagai makanan oleh tumbuhan
  6. Pembuangan oksigen sebagai produk sampingan
Apa yang menyebabkan terjadinya gerhana bulan?Gerhana bulan terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan. Bayangan Bumi menghalangi sinar matahari dari mencapai bulan sehingga bulan terlihat menjadi gelap. Fenomena ini terjadi karena gerak rotasi dan revolusi Bumi.

Dari contoh soal di atas, kita dapat melihat struktur dari teks eksplanasi yang meliputi:

  1. Pendahuluan: menjelaskan fenomena atau proses yang akan dijelaskan
  2. Penjelasan: menjelaskan tahapan atau langkah-langkah dari fenomena atau proses tersebut
  3. Kesimpulan: menegaskan lagi poin-poin penting dari penjelasan

Dengan memahami struktur dari teks eksplanasi, kita dapat lebih mudah memahami tujuan dan informasi yang disampaikan dalam teks tersebut.

Contoh Soal Teks Eksplanasi Terbaru dengan Jawaban

Untuk memperdalam pemahaman mengenai teks eksplanasi, berikut ini adalah beberapa contoh soal yang dapat dicoba oleh siswa:

1. Contoh Soal Teks Eksplanasi

Berikut adalah contoh soal teks eksplanasi:

Bagaimana proses terjadinya hujan?

Penjelasan:

Hujan terjadi karena adanya penguapan air dari permukaan bumi yang kemudian naik ke udara dan membentuk awan. Kemudian, air akan bergabung dan membentuk tetes-tetes air yang semakin besar hingga tidak mampu lagi bertahan di awan dan jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan.

Jawaban:

Proses terjadinya hujan dimulai dengan adanya penguapan air dari permukaan bumi. Air yang teruapkan akan naik ke udara dan membentuk awan. Ketika awan sudah cukup besar, tetes-tetes air yang terkumpul akan bergabung membentuk tetesan air yang semakin besar hingga tidak mampu lagi bertahan di udara dan jatuh ke bumi sebagai hujan.

2. Contoh Soal Teks Eksplanasi Mengenai Fenomena Alam

Berikut adalah contoh soal teks eksplanasi tentang fenomena alam:

Bagaimana terjadinya gempa bumi?

Penjelasan:

Gempa bumi terjadi ketika dua lempeng bumi saling bergerak dan menimbulkan benturan. Saat benturan terjadi, terdapat energi yang dilepaskan dan menyebabkan getaran pada permukaan bumi. Getaran yang terus menerus tersebut disebut gempa bumi.

Jawaban:

Gempa bumi terjadi ketika dua lempeng bumi saling bergerak dan menimbulkan benturan. Saat benturan terjadi, terdapat energi yang dilepaskan dan menyebabkan getaran pada permukaan bumi. Getaran tersebut disebut gempa bumi.

3. Contoh Soal Teks Eksplanasi tentang Kejadian Alam

Berikut adalah contoh soal teks eksplanasi tentang kejadian alam:

Bagaimana terbentuknya gunung berapi?

Penjelasan:

Gunung berapi terbentuk ketika magma dan gas bawah tanah mulai naik ke permukaan bumi. Saat magma dan gas mendekati permukaan, terjadi pelepasan tekanan yang menyebabkan magma dan gas keluar dari gunung berapi dan terjadi letusan. Proses ini berulang-ulang sehingga membentuk gunung berapi yang berada di permukaan bumi.

Jawaban:

Gunung berapi terbentuk ketika magma dan gas bawah tanah mulai naik ke permukaan bumi. Ketika magma dan gas mendekati permukaan, terjadi pelepasan tekanan yang menyebabkan magma dan gas keluar dari gunung berapi dan terjadi letusan. Proses ini berulang-ulang sehingga membentuk gunung berapi yang berada di permukaan bumi.

Dengan berlatih mengerjakan contoh soal di atas, diharapkan siswa dapat lebih memahami struktur teks eksplanasi dan meningkatkan kemampuan dalam menjawab soal teks eksplanasi.

Originally posted 2023-08-16 07:00:47.

Leave a Comment