Contoh Soal Resensi: Latihan dan Pembahasan Lengkap di Indonesia

Resensi adalah sebuah artikel yang berisi kritik atau ulasan tentang buku, film, atau karya seni lainnya. Menulis resensi bukan hal yang mudah, karena selain membutuhkan pemahaman yang baik tentang karya yang diulas, penulis juga harus mampu mengemukakan pendapat dan argumen yang kuat.

Banyak siswa atau mahasiswa yang kesulitan untuk menulis resensi dengan baik dan benar. Oleh karena itu, kami menyediakan contoh soal resensi beserta pembahasan lengkap yang bisa digunakan sebagai latihan dalam mengasah keterampilan menulis resensi.

Key Takeaways:

  • Resensi adalah sebuah artikel kritik tentang suatu karya seni.
  • Menulis resensi membutuhkan pemahaman yang baik tentang karya yang diulas dan kemampuan mengemukakan pendapat serta argumen yang kuat.
  • Contoh soal resensi dapat digunakan untuk latihan menulis resensi dengan baik dan benar.

Apa itu Resensi?

Resensi merupakan salah satu bentuk penulisan yang memiliki tujuan untuk memberikan ulasan dan pendapat terhadap karya tulis atau karya seni. Dalam hal ini, resensi dapat merangkum isi dari karya tersebut, memberikan analisis, dan mengevaluasi kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada karya tersebut. Resensi biasanya berisi opini atau penilaian subjektif dari penulis resensi.

Resensi dapat diterapkan pada berbagai jenis karya, seperti buku, film, musik, dan lain sebagainya. Tujuan dari resensi adalah memberikan gambaran kepada pembaca tentang karya tersebut dan membantu mereka dalam menentukan apakah akan menghabiskan waktu dan uang untuk mengonsumsi karya tersebut.

Langkah-langkah Menulis Resensi

Menulis resensi buku atau film membutuhkan beberapa langkah penting yang harus diperhatikan. Berikut adalah langkah-langkah menulis resensi:

    1. Baca atau tonton dengan seksama

Langkah pertama adalah membaca buku atau menonton film yang akan direseksai dengan seksama. Perhatikan setiap detail, alur cerita, karakter, dan tema yang diangkat.

    1. Buat rangkuman singkat

Setelah membaca atau menonton, buatlah rangkuman singkat dari isi buku atau film yang dilihat. Rangkuman ini bisa membantu untuk mengingat kembali apa yang telah dibaca atau ditonton dan membantu dalam menyusun resensi nantinya.

    1. Tentukan sudut pandang

Setelah membuat rangkuman, pilih sudut pandang yang ingin digunakan dalam menulis resensi. Apakah akan menggunakan sudut pandang orang ketiga atau orang pertama? Setelah memilih, gunakan sudut pandang tersebut secara konsisten dalam penulisan.

    1. Tulis pendapat atau kesan pribadi

Pada bagian ini, tuliskan pendapat atau kesan pribadi tentang karya yang telah dilihat atau dibaca. Berikan alasan mengapa suka atau tidak suka dengan karya tersebut.

    1. Beri ulasan tentang isi karya

Tuliskan ulasan tentang isi karya yang diangkat. Berikan informasi tentang karakter, alur cerita, dan tema yang diangkat dalam karya tersebut.

    1. Tuliskan kelebihan dan kekurangan

Setelah memberikan ulasan tentang isi karya, tuliskan juga kelebihan dan kekurangan dari karya tersebut. Berikan alasan mengapa suka atau tidak suka dengan karya tersebut.

    1. Beri rekomendasi

Terakhir, berikan rekomendasi apakah karya tersebut layak untuk ditonton atau dibaca. Sarankan juga untuk siapa karya tersebut cocok atau tidak cocok ditonton atau dibaca.

Contoh Soal Resensi Fiksi

Berikut adalah contoh soal resensi fiksi yang dapat menjadi latihan untuk meningkatkan kemampuan menulis resensi:

Judul BukuPenulisTahun Terbit
Sang PemimpiAndrea Hirata2006
Laskar PelangiAndrea Hirata2005
PulangTere Liye2016

Contoh Soal Resensi Fiksi

  1. Bacalah buku “Sang Pemimpi” karya Andrea Hirata. Kemudian tulislah resensi dengan mengikuti langkah-langkah menulis resensi.
  2. Bacalah buku “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata. Kemudian tulislah resensi dengan mengikuti langkah-langkah menulis resensi.
  3. Bacalah buku “Pulang” karya Tere Liye. Kemudian tulislah resensi dengan mengikuti langkah-langkah menulis resensi.

Perlu diingat, resensi fiksi harus memuat unsur-unsur seperti karakter, plot, setting, tema, dan pesan moral yang ingin disampaikan oleh pengarang.

Contoh Soal Resensi Non-Fiksi

Berikut ini adalah contoh soal resensi untuk kategori non-fiksi. Buku yang akan direview adalah “Sapiens: Sejarah Manusia” karya Yuval Noah Harari.

Aspek yang DinilaiSkor
Ringkasan Isi Buku20
Kritik atas Gagasan Penulis30
Penjelasan Konsep yang Disajikan25
Kesesuaian Gaya Penulisan dengan Materi15
Kesimpulan dan Rekomendasi10

Dalam menulis resensi untuk buku non-fiksi, hal yang penting adalah memberi ringkasan isi buku, serta memberikan kritik atas gagasan yang disajikan penulis. Selain itu, penjelasan konsep dalam buku juga dibutuhkan agar pembaca dapat memahami materi dengan lebih baik.

Untuk buku “Sapiens: Sejarah Manusia” karya Yuval Noah Harari, penulis secara umum memberikan sosok manusia dalam perspektif sejarah dan menjelaskan sejarah manusia dari masa prasejarah hingga masa modern. Penulis juga memberikan kritik atas beberapa gagasan, seperti pengejaran Sapiens terhadap kemajuan teknologi tanpa memikirkan konsekuensinya.

Dalam penjelasan konsep, penulis menjelaskan konsep kekuasaan, agama, dan money dalam sejarah manusia. Gaya penulisan penulis mudah dipahami namun tetap membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kesimpulan dan rekomendasi dari resensi ini adalah buku ini sangat direkomendasikan untuk pembaca yang ingin memahami sejarah manusia dengan cara yang berbeda.

Kunci Pembahasan Contoh Soal Resensi

Berikut adalah kunci pembahasan untuk contoh soal resensi fiksi dan non-fiksi yang telah diberikan:

Contoh SoalJawaban
1. Berikan penilaianmu terhadap alur cerita yang ada di dalam novel ini.Jawaban mungkin bervariasi tergantung pada pendapat individu, tetapi harus berdasarkan pada fakta-fakta yang ada di dalam novel.
2. Ceritakan tentang karakter utama dalam novel ini.Jawaban menjelaskan karakter utama secara rinci dan menganalisis bagaimana karakter tersebut berkembang selama cerita.
3. Bagaimana setting cerita memengaruhi alur cerita dalam novel ini?Jawaban menjelaskan hubungan antara setting dan alur cerita serta bagaimana setting mempengaruhi karakter dan plot dalam cerita.
4. Bagaimana gaya bahasa pengarang mempengaruhi keseluruhan kualitas novel?Jawaban menganalisis gaya bahasa pengarang, termasuk penggunaan kata dan kalimat, dan menyimpulkan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kesan keseluruhan dari novel.
5. Apakah kamu merekomendasikan novel ini kepada orang lain? Jelaskan alasannya.Jawaban memberikan pandangan pribadi mengenai novel ini dan memberikan alasan yang jelas mengapa merekomendasikan atau tidak merekomendasikan novel tersebut.

Ingatlah bahwa resensi harus berdasarkan pada fakta-fakta yang ada di dalam karya yang diresensi. Selalu gunakan bahasa yang jelas dan objektif dalam menulis resensi serta pastikan bahwa pandanganmu didukung oleh bukti-bukti yang ada.

Tips Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Resensi

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menulis resensi:

  1. Baca buku dengan seksama. Sebelum menulis resensi, pastikan untuk membaca buku dengan seksama dan mencatat poin-poin penting yang ingin ditulis dalam resensi. Jangan ragu untuk membaca ulang jika diperlukan.
  2. Misalkan diri sebagai pembaca. Ketika menulis resensi, bayangkan diri sebagai pembaca dan pikirkan apa yang akan menarik perhatian dan memberikan nilai tambah pada resensi tersebut.
  3. Gunakan bahasa yang mudah dipahami. Pastikan penggunaan bahasa dalam resensi mudah dipahami oleh pembaca yang berbeda latar belakang dan usia.
  4. Berikan opini yang objektif. Saat menulis resensi, berikan opini yang objektif dan jangan terlalu terpengaruh dengan preferensi pribadi. Tetap fokus pada konten buku dan elemen-elemen yang dapat meningkatkan kualitas resensi.
  5. Berlatih menulis secara teratur. Seperti keterampilan lainnya, menulis resensi juga membutuhkan praktik yang teratur agar kemampuan menulis semakin baik dari waktu ke waktu.

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan dapat membantu meningkatkan keterampilan dalam menulis resensi dan menghasilkan resensi berkualitas. Ingat, menulis resensi tidaklah sulit jika dilakukan dengan seksama dan teratur.

Kesimpulan

Menulis resensi bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan keterampilan dan pemahaman yang baik tentang karya yang diresensi. Namun, dengan latihan terus-menerus dan mengikuti langkah-langkah yang tepat, keterampilan menulis resensi bisa ditingkatkan.

Contoh soal resensi fiksi dan non-fiksi telah diberikan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana resensi seharusnya ditulis. Analisis kunci jawaban pada contoh soal juga membantu untuk memahami kriteria-kriteria yang digunakan untuk menilai sebuah resensi.

Tips untuk meningkatkan keterampilan menulis resensi meliputi membaca banyak buku, mengambil catatan saat membaca, dan membiasakan diri untuk mengekspresikan opini secara jujur dan objektif.

Dengan menguasai keterampilan menulis resensi, kita dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk dunia sastra dan membantu pembaca untuk memilih bacaan yang tepat.

Originally posted 2023-09-08 09:00:05.

Leave a Comment